Kamis, 23 Juli 2009

Susanto dan Irene Menang, Medina Bikin Kejutan



Babak pertama kualifikasi Kejuaraan Dunia Catur Zona 3.3 Asia di Ho Chi Minh City, Vietnam, 22-30 Juli 2009, yang dimulai Kamis (23/7) diramaikan dengan beberapa hasil mengejutkan seperti ditahan remisnya unggulan pertama di kelompok putra maupun putri, yaitu GM Wesley So (2646, Filipina) ditahan remis MF Nguyen Ly Hong (2302, Vietnam) dan GMW Batkhuyag Monguntuul (2412, Mongolia) ditahan remis MIW Nguyen Quynh Anh (2102, Vietnam) . Salah satu kejutan lainnya dibuat oleh pecatur junior Indonesia MFW Medina Warda Aulia, 12 tahun, yang mengalahkan juara Filipina MFW Shercila Cua.

Walaupun ini bukan kejutan yang luar biasa, tapi proses berlangsungnya cukup menarik dikisahkan. Di belakang buah hitam, Medina yang menggunakan pertahanan Slavia mencoba bermain aktif dengan melancarkan korban Kuda sementara di petak e5 pada langkah ke-31, namun jawaban bagus Shercila 33.Ma1 membuat Medina jadi serba salah. Jika menerima ajakan tukar Menteri maka keunggulan satu bidaknya lenyap dan posisi lawan menjadi bagus sekali.

Medina memutuskan tetap mengorbankan Kudanya dengan kompensasi dua bidak dan inisiatif serangan. Ini tentu saja keputusan yang patut dipuji karena perlu keberanian dan kepercayaan diri yang kuat untuk bisa mengambil keputusan penuh risiko tersebut. Sayang dalam lanjutan serangannya, Medina membuat kekeliruan sehingga lawan dapat merebut satu bidaknya lagi, dan posisi permainan akhir yang timbul tidak menguntungkan Medina, yaitu satu Gajah dan dua bidak melawan Gajah dan Kuda serta satu bidak lawan.

Tapi Shercila yang mulai keteter waktu pikirnya membuat blunder fatal ketika melancarkan skak di petak f5 dengan Kudanya pada langkah ke-83 yang tidak disadarinya dapat dipukul dengan Gajah Medina yang berada di petak c2, akibatnya Shercila yang berbalik kalah satu bidak. Medina menyelesaikannya dengan baik dan menang pada langkah ke-89.

Dua pecatur muda andalan Indonesia, GM Susanto Megaranto, 22, dan GMW Irene Kharisma Sukandar, 17, berhasil memenangkan partainya walau harus bermain panjang hingga empat jam lebih. Namun keduanya menguasai keadaan dari pembukaan hingga kemenangan direbut. Susanto menang atas Baba Masahiro (2229) dari Jepang pada langkah ke-64 pertahanan Grunfeld. Irene menang dari Daysi Rivera (2087) dari Filipina pada langkah ke-64 pertahanan Sisilia Najdorf.

Hasil pecatur Indonesia lainnya, Dewi AA Citra kalah dari Lkhamsuren Uugabayar (2144) dari Mongolia. Sementara Chelsie Monica Sihite mendapat bye karena dari 31 peserta putri, Chelsie satu-satunya yang belum memiliki rating sehingga berada di posisi unggulan terakhir.

Kejuaraan Dunia Catur Zona 3.3 Asia di Ho Chi Minh City yang menggunakan system Swiss sembilan babak ini diikuti 85 pecatur dari delapan negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Jepang, Mongolia dan tuan rumah Vietnam.


Teks foto:
MFW Medina Warda Aulia mengawali babak pertama dengan mengalahkan Juara Filipina MFW Shercila Cua (Foto oleh Kristianus Liem)

1 komentar:

Kombes.Com mengatakan...

Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger meberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

Salam hormat
http://kombes.Com