Minggu, 11 April 2010

Susanto Taklukkan GM Thomas Luther


Kuala Lumpur Open 2010
Susanto Taklukkan GM Thomas Luther

Pecatur andalan Indonesia GM Susanto Megaranto (2527), 23, memetik kemenangan penting atas GM Thomas Luther (2559) dari Jerman pada babak ketujuh turnamen catur internasional Kuala Lumpur Open ke-3 di Olympic Sports Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (11/4) siang.

Tambahan satu angka tersebut membuat Susanto telah mengumpulkan 5,5 angka. Namun demikian pimpinan klasemen sementara tetap dipegang GM Hou Yifan (2570) dari Cina dengan 6 angka setelah menundukkan MI Oliver Dimakiling (2441) dari Filipina. Namun sekarang Hou sendirian di pucuk pimpinan.

Susanto menang pada langkah ke-65 pertahanan Caro-Kann. Sebetulnya pelatih Ruslan Scherbakov sempat menawarkan variasi baru yang belum pernah dimainkan orang, tetapi Susanto menolak. “Jangan sekarang. Lebih baik saya mainkan varian yang sudah saya kuasai benar,” tolak Susanto. Ternyata pilihannya benar. Pada babak kedelapan Minggu malam Susanto jumpa GM Nguyen Anh Dung (2464) dari Vietnam.

Pecatur Indonesia lainnya, MI Irwanto Sadikin (2414) ikut menyodok ke atas setelah membuat kejutan menundukkan GM Ziaur Rahman (2558) dari Bangladesh pada langkah ke-48 pembukaan Tidak Beraturan. Irwanto sama seperti Susanto telah membukukan 5,5 angka. Ini membuka peluang Irwanto untuk mengejar norma GM karena pada babak kedelapan ia jumpa GM Saidali Iuldashev (2511) dari Uzbekistan.

GWM Irene Kharisma Sukandar (2316) juga menambah satu angka lagi hasil menang lawan pecatur junior Paolo Bersamina (1966) dari Filipina. Irene baru mengumpulkan 4 angka.

Informasi lainnya dapat diakses di http://www.klchess.com/; dan www.program5milyar.com/?id=k_liem

Teks foto:
MI Irwanto Sadikin vs GM Ziaur Rahman dari Bangladesh pada babak ketujuh yang dimenangkan Irwanto. (foto oleh Kristianus Liem).

Tidak ada komentar: