Jumat, 09 April 2010

Susanto Kalahkan Juara Dunia KU12 Sayantan


Kuala Lumpur Open 2010
Susanto Kalahkan Juara Dunia KU12 Sayantan Das


GM Susanto Megaranto (2527), 23, kembali dipaksa kerja keras selama lima jam sebelum dapat menaklukkan juara dunia KU12 2008 Sayantan Das (2216) dari India pada babak keempat turnamen catur internasional Kuala Lumpur Open ke-3 di Olympic Sports Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (8/4) malam.

Dalam permainan akhir, Susanto unggul kualitas dengan Benteng plus tujuh bidak sementara Sayantan memiliki Gajah dan Kuda dengan empat bidak. Sayantan yang waktu pikirnya tinggal dua menit berusaha membentuk posisi fortress tak tertembus dan langsung menawarkan remis. Susanto yang masih memiliki waktu pikir delapan menit jelas menolaknya.

Lalu terjadi permainan cepat setelah waktu pikir Susanto memasuki lima menit terakhir sehingga dia tidak perlu mencatat notasi lagi sesuai dengan peraturan. Saat itulah Sayantan mulai melakukan berbagai kesalahan dan akhirnya menyerah karena kehabisan waktu. Dalam KL Open kali ini memang tidak ada penambahan waktu per langkahnya. Peraturan yang digunakan adalah 40 langkah dalam 2 jam, lalu 30 menit sampai selesai.

“Kalau menggunakan sistem penambahan waktu mungkin saya tidak bisa menang. Sayantan bertahan dengan baik sekali,” puji Susanto yang mengaku lebih senang bermain cepat.

Hasil tersebut membuat Susanto menambah satu poin penuh dan menempel pimpinan klasemen sementara yang kini hanya diduduki dua orang pecatur saja dengan 4 angka bersih. Mereka adalah pecatur wanita GM Hou Yifan (2570) dari Cina yang juga runner-up juara dunia catur putri FIDE saat ini dan GM Nguyen Anh Dung (2464) dari Vietnam.

Irene yang jumpa GM Marat Dzhumaev (2525) dari Uzbekistan kembali menelan kekalahan dan baru mengumpulkan 2 angka. Tiga pecatur Indonesia yang poinnya cukup baik adalah MI Irwanto Sadikin, MI Tirto, dan MI Tirta Chandra Purnama. Ketiganya membukukan 3 angka hasil tiga kali menang dan sekali kalah.

Kuala Lumpur Open ke-3 yang diikuti 111 peserta yang datang dari 22 negara ini memang jauh lebih kuat dibandingkan dua edisi sebelumnya. Selain ada pecatur putri ajaib Cina yang masih berusia 16 tahun GM Hou Yifan (2570), unggulan pertama di Kuala Lumpur Open ini adalah GM Mikheil Mchedlishvili dari Georgia yang memiliki rating 2634. Mikheil Mchedlishvili adalah calon lawan dwitarung GM Susanto Megaranto pada JAPFA Chess Festival di Gedung Kerucut KONI Pusat Senayan, Jakarta, 14-19 April 2010.

Turnamen catur terbuka yang memperebutkan Piala Raja Nasrin Shah Sultan Azlan Shah ini menggunakan sistem Swiss sembilan babak dan akan berlangsung hingga 12 April 2010. Selain turnamen, panitia juga akan menyelenggarakan simultan yang akan dilakukan oleh mantan penantang juara dunia GM Nigel Short dari Inggris pada tanggal 10 April 2010.

Informasi lainnya dapat diakses di www.klchess.com; dan www.program5milyar.com/?id=k_liem

Teks foto:
GM Susanto Megaranto merapikan buah catur seusai mengalahkan Juara Dunia KU12 2008 Sayantan Das dari India yang tampak kecewa dan langsung berlalu usai wasit mengambil notasi. (foto oleh Kristianus Liem).

Tidak ada komentar: