Entri yang Diunggulkan

Kejuaraan Catur Asia U18 Mixed Doubles Team 2023

  Tim Indonesia Memimpin,  5 Kali Menang, 1 Seri   Tim catur Indonesia yang terdiri dari FM Aditya Bagus Arfan dan Laysa Latifah memim...

Minggu, 07 Juni 2009

Lima Pecatur Junior Indonesia Ambil Bagian


Lima pecatur junior Indonesia ambil bagian pada kejuaraan catur tahunan untuk kelompok umur ASEAN ke-10 yang diselenggarakan di Hotel Huong Giang, Hue City, Vietnam, 6-15 Juni 2009. Mereka adalah MF Rian Kapriaga (KU20), Chelsie Monica Sihite dan Nadia Anggraeni (keduanya di KU14 putri), Medina Warda Aulia (KU12 putri) dan Dita Karenza (KU10 putri).

Kejuaraan catur untuk anak-anak dan remaja ini juga terbuka bagi negara di luar ASEAN sehingga tercatat empat negara lain yang ikut serta, yaitu Rusia, India, Iran dan Australia. Negara kawasan ASEAN yang ambil bagian adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei dan tuan rumah Vietnam, sehingga total ada sepuluh negara peserta.

Total peserta dari kelompok umur 8 tahun hingga 20 tahun putra dan putri mencapai 254 pecatur. Tentu saja peserta terbanyak dari Vietnam yang mencapai 172 pecatur. Kemudian Singapura dan Filipina datang membawa 25 pecatur. Lalu berturut-turut Brunei 12, Malaysia 7, Indonesia 5, Rusia 3, India dan Australia masing-masing 2, dan Iran hanya seorang pecatur.

Para juara kelompok umur ASEAN Terbuka ini akan langsung mendapat gelar MF (Master FIDE) untuk putra dan MFW (Master FIDE Wanita) untuk kelompok putri. Khusus KU20 Open menurut Presiden ASEAN Chess Confederation Ignatius Leong dari Singapura akan langsung menghasilkan gelar MI (Master Internasional) bagi sang juaranya.

Bagi dua pecatur junior putri Indonesia yang saat ini tengah digodok secara khusus di SCUA (Sekolah Catur Utut Adianto) sebagai calon pelapis GMW Irene Kharisma Sukandar, yaitu Chelsie Monica Sihite dan Medina Warda Aulia, ini merupakan kesempatan pertama bagi mereka berdua meningkatkan gelarnya dari WCM (Women Candidate Master) menjadi WFM (Women FIDE Master).

Pairing Babak 1:

Pertandingan babak pertama dimulai hari Minggu (7/6) pukul 14.00 WIB. Berikut ini pairing lengkap kelima pecatur Indonesia.

KU20 open: MF Rian Kapriaga (2094)-MF Daniel Chan Yi-Ren (2375, SIN)
KU14 putri: Cherry Ann Mejia (1840, PHI)-Nadia Anggraeni
Tran Nguyen Bao Tran (VIE)-WCM Chelsie Monica Sihite
KU12 putri: Ho Michelle (SIN)-WCM Medina Warda Aulia (1882)
KU10 putri: Pham Hoang Nhat Anh (PHI)-Dita Karenza

Teks foto:
WCM Medina Warda Aulia (kanan) pada babak pertama berjumpa pecatur Singapura Michelle Ho yang menggunakan masker mungkin dimaksudkan sebagai pencegah virus flu babi yang akhir-akhir ini menakuti banyak orang karena belum diketahui obat pemunahnya. (Foto oleh Kristianus Liem)

Laporan langsung Humas PB Percasi Kristianus Liem dari Hue, Vietnam.
HP saya di Vietnam +841222563384.

Tidak ada komentar: