Senin, 16 Desember 2013

Catur Random SEA Games Myanmar 2013

Giliran Susanto Megaranto Sumbang Emas

Hari kelima (16/12) cabang catur SEA Games Myanmar menyediakan dua set medali. Indonesia berhasil merebut satu medali emas dan satu medali perak. Medali emasnya direbut oleh GM Susanto Megaranto di nomor individual catur semi-internasional, yaitu random chess atau chess960.
Emas catur random Susanto Megaranto dan perak catur kilat tradisional Myanmar beregu. Dari kiri Yoseph Majella,
Susanto Megaranto, Kristianus Liem, Mohamad  Ervan, dan Taufik Halay. (Photo by Chelsie Monica Sihite)

Bertanding tujuh babak Susanto membukukan 6 poin hasil lima kali menang dan dua kali remis. Kemenangan direbutnya antara lain dari pecatur Vietnam yang selama ini sulit dikalahkan, yaitu GM Nguyen Ngoc Truong Son!

"Ini pertama kalinya saya bisa mengalahkan Truong Son," tukas Susanto begitu keluar dari ruang pertandingan di lantai 6 Hotel Zabu Thiri, Nay Pyi Taw. "Dan saya mengalahkannya di nomor random chess hahaha..." sambung Susanto riang!

Remisnya antara lain saat berhadapan dengan GM John Paul Gomez dari Filipina yang kemudian merebut medali perak dengan 5 poin. Perunggunya diraih Nguyen Ngoc Truong Son dengan 5 poin pula tapi kalah tie-break head to head dengan Gomez.

Sementara medali perak diraih tim putra Indonesia pada nomor catur kilat tradisional Myanmar. Pada nomor catur yang biasa dimainkan di negara-negara kawasan Indo-China ini, tim Indonesia yang hanya terdiri tiga pecatur (tanpa cadangan), yaitu IM Taufik Halay, IM Dede Liu dan Mohamad Ervan, diluar dugaan mampu menundukkan pecatur Myanmar dengan skor 2-1!

Taufik Halay menjadi bintangnya dengan menundukkan pecatur yang sudah merebut dua medali emas di nomor ini, IM Win Zaw Htun. Sementara dua pecatur lainnya bermain remis. Sayang menghadapi Thailand para pecatur Indonesia harus tunduk 0,5-2,5 sehingga emas diambil negeri gajah putih itu. Perunggunya jatuh ke Myanmar.


Khusus besok Selasa (17/12) dipertandingkan tiga set medali, yaitu catur kilat ASEAN perorangan putra dan catur cepat internasional putra dan putri. Para pecatur Indonesia juga berpeluang merebut medali pada nomor-nomor tersebut atas nama WGM Irene Kharisma dan WGM Medina Warda Aulia maupun GM Susanto Megaranto.

Tidak ada komentar: