Sabtu, 27 Agustus 2011

Susanto Megaranto vs Le Quang Liem


Pecatur Pelatnas SEA Games Indonesia GM Susanto Megaranto, 24 tahun, sudah tiba di Khanty-Mansyisk, Siberia, Rusia, untuk mengikuti Piala Dunia Catur FIDE yang akan berlangsung dari 26 Agustus hingga 21 September 2011.

Susanto tiba pada Jumat 26 Agustus 2011 pukul 20:00 menggunakan pesawat kecil Utair yang hanya berpenumpang enam puluh orang saja. Susanto berangkat dari Yekaterinburg karena selama sebulan terakhir melakukan training camp di Satka City, pegunungan Ural, Rusia Utara. Susanto tiba didampingi pelatih GM Ruslan Scherbakov (Rusia) dan manajer Kristianus Liem.

Pada babak pertama Susanto berjumpa pecatur Vietnam GM Le Quang Liem. Walau menghadapi pecatur Vietnam, peluang Susanto untuk melewati babak pertama ini kecil sekali.

Seperti sudah diketahui, Le Quang Liem, 21 tahun, adalah pecatur Vietnam yang karirnya terus melesat sejak tiga tahun terakhir. Di Piala Dunia kali ini Le sudah bertengger di unggulan ke-20 dengan rating Elo sebesar 2715! Betul, ini bukan salah tulis, itu rating GM Super di atas 2700!

Sementara posisi unggulan Susanto berada di sedeed ke-109 dengan rating Elo 2544. Rating tertinggi Elo Susanto selama ini adalah 2569 pada tahun 2007. Sejak itu ratingnya terus menurun hingga 2492 pada akhir tahun 2008. Namun sejak Pelatnas Asian Games 2010 rating Susanto kembali meningkat hingga yang tertinggi sekarang ini, 2544.

Namun selama training camp Susanto sudah dibekali berbagai cara untuk meredam Le yang dua tahun terakhir ini mampu menjuarai turnamen terbuka terberat dunia Aeroflot Open di Rusia, dan dua kali mengikuti turnamen super elit dunia Dortmund di Jerman dengan posisi dua kali runner-up antara lain di atas mantan juara dunia Vladimir Kramnik.

Pertandingan di Piala Dunia Catur FIDE ini menggunakan sistem gugur dua partai catur klasik. Jika seri ditambah dua kali partai catur cepat. Jika masih seri ditambah lagi dua partai catur kilat. Dan jika masih seri juga ditambah satu partai suden-death di mana pemegang buah Putih harus menang dan kalau remis maka pemegang buah Hitam yang lolos ke babak berikutnya.

Pertandingan babak pertama akan dimulai Minggu 28 Agustus 2011 mulai pukul 15:00 waktu setempat (pukul 14:00 WIB).

Teks foto:

Susanto Megaranto bersama pelatih GM Ruslan Scherbakov di depan gedung pertandingan (Foto oleh Kristianus Liem)

Tidak ada komentar: