Entri yang Diunggulkan

Kejuaraan Catur Asia U18 Mixed Doubles Team 2023

  Tim Indonesia Memimpin,  5 Kali Menang, 1 Seri   Tim catur Indonesia yang terdiri dari FM Aditya Bagus Arfan dan Laysa Latifah memim...

Sabtu, 23 Agustus 2008

Susanto Tumbang, Irene Tambah Satu Angka


Grandmaster Susanto Megaranto akhirnya tumbang pada babak kedelapan turnamen catur bergengsi Malaysia Open yang berlangsung di Mid Valley Cititel Hotel, Kuala Lumpur, Jumat (22/8) malam. Susanto dikalahkan GM Marat Dhumaev (2549) dari Uzbekistan setelah sehari sebelumnya secara mendadak diserang sakit gigi.


Susanto yang bermain tajam dengan mengorbankan Kuda dan Benteng saying melakukan blunder. “Seharusnya saya mainkan 20.dxe6 dan menang, tapi yang saya jalankan 20. Mh4 karena saya pikir jalan apa saja sudah menang,” tutur Susanto sambil bersungut-sungut.

“Sebetulnya gigi saya sakit sekali sehingga saya mainnya mau buru-buru menang saja,” jelas Susanto sambil menunjukkan rahang kirinya yang membengkak.

Pagi harinya Susanto berhasil menahan remis GM Zhang Zhong (2632) dari Singapura melalui pertarungan panjang 81 langkah, sehingga posisinya merosot ke peringkat dua dengan 6 angka. Pimpinan klasemen sementara kini diambil alih Dhumaev dengan 7 poin.

Sementara pecatur putri Indonesia MIW Irene Kharisma Sukandar hanya berhasil menambah satu angka hasil menang atas Udani Ian dari Filipina pada babak ketujuh dan malam harinya ditundukkan pecatur putra Cina Yulie (2377) setelah keliru mengantisipasi varian aneh pertahanan Prancis yang dikembangkan lawannya.

Namun demikian, dengan 4,5 angka dari delapan babak yang berarti masih di atas 50%, Irene tetap memelihara peluang untuk meraih norma GMW keduanya. Tentu saja dengan catatan pada tiga babak berikutnya ia menambah angka dari lawan yang seluruhnya harus sudah memiliki rating yang cukup tinggi.

Pecatur Indonesia lainnya, MI Irwanto Sadikin juga hanya berhasil menambah setengah angka saja hasil remis lawan Yulie dan kalah pada babak kedelapan dari MI Chito Garma (2346, Filipina). Jumlah angka yang sudah diraih Irwanto menjadi 4,5 poin.

Tercatat ada empat belas pecatur Indonesia yang ambil bagian pada turnamen catur terberat di Malaysia itu, dua di antaranya main di Kelompok Challenger yang dilaksanakan pada waktu dan tempat yang sama. Kelompok ini diikuti pemain dengan rating rendah atau sama sekali belum punya rating.

Total peserta Malaysia Open 112 pemain di mana terdapat sembilan pemain bergelar GM, 10 MI, 3 GMW, 5 MIW, 10 MF, 1 MFW dari 16 negara. Di Kelompok Challenger tercatat 53 peserta. Malaysia Open berlangsung dari 18 Agustus hingga 24 Agustus 2008.

Teks foto: Dato Tan Chin Nam sang sponsor Malaysia Open sejak lima tahun lalu! Mungkinkah tahun depan Malaysia Open masih ada? (Foto oleh Kristianus Liem)

Tidak ada komentar: