Rabu, 09 Mei 2012

Peluang Irene Terbuka Lebar


Laporan Wartawan KOMPAS Khaerudin

Babak 5: GMW Irene vs GM Zhao Xue. (Photo by Kristianus Liem) 
HO CHI MINH CITY, KOMPAS.com — Peluag Irene Kharisma Sukandar untuk menjuarai Asian Continental Chess Championship di kategori women standard chess terbuka lebar jika dia mampu mengalahkan lawannya pada babak kelima, pecatur asal China, Zhao Xue. Pertarungan Irene dan Zhao akan berlangsung Rabu (9/5/2012) sore nanti di Ho Chi Minh City, Vietnam.

Selain menempati unggulan pertama, Zhao adalah satu-satunya pecatur putri di kejuaraan ini yang memegang gelar Grand Master. Pecatur putri lainnya hanya sebatas pemegang gelar Women Grand Master. Irene salah satunya. Irene merupakan satu-satunya pecatur putri Indonesia yang memegang gelar Women Grand Master.

Wartawan Kompas Khaerudin melaporkan dari Ho Chi Minh City, setelah di empat babak sebelumnya Irene mampu menyapu bersih semua kemenangan, kini dia menghadapi lawan yang benar-benar tangguh. Zhao pemegang elo rating tertinggi di kategori women standard chess, yakni 2549. Sementara itu rating Irine baru 2288.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB Percasi Kristianus Liem mengakui bahwa peluang untuk menjadi juara bagi Irine memang cukup berat. Babak-babak selanjutnya Irine bakal menghadapi pecatur yang lebih tangguh yang dia kalahkan di babak sebelumnya. Akan tetapi, kata Kristianus, bukan berarti Irene tak bisa jadi juara.

Dalam dua kali kejuaraan serupa, Irene bisa mencapai peringkat keempat dan kelima. "Artinya, itu sudah mendekati untuk jadi peringkat pertama," katanya.

Mengalahkan Zhao, kata Kristianus, akan semakin mendekatkan Irene ke tangga juara Asian Continental Chess Championship. Apalagi untuk kategori women standard chess, hanya juara yang langsung lolos ke Piala Dunia putri tahun 2015.


1 komentar:

Bintang Antik Sejahtera mengatakan...

Pecatur Putri Indonesia,memang sudah banyak yang berprestasi di Dunia Catur Internasional,dengan pembinaan yang berkesinambungan oleh para Master,saya yakin suatu saat nanti kita akan menemukan seorang atau banyak orang pecatur yang Pilih Tanding dalam berprestasi...Semoga.Amien.

Salam dari Pengrajin Catur Marmer
Tulungagung- Jawatimur