Minggu, 28 Agustus 2011

Merah Putih di Opening Ceremony


Acara pembukaan Piala Dunia Catur FIDE dilaksanakan Sabtu 27 Agustus 2011 pukul 20:00 di Gedung Concert & Theater Center Ugra Classic. Satu jam sebelumnya, di tempat yang sama tapi berbeda ruang dilaksanakan technical meeting dipimpin Ketua Wasit Ashot Vardapetian dari Armenia.

Presiden FIDE Kirsan Ilyumzhinov meresmikan acara pembukaan didamping Walikota Khanty Mansiysk Vassily Filipenko dengan layar di belakang mereka menampilkan bendera dari 46 negara peserta (total 128 pecatu) di mana pas yang berada di tengah adalah bendera Merah Putih!

Filipenko mengatakan Khanty-Mansiysk sudah empat kali berturut-turut menyelenggarakan Piala Dunia Catur FIDE dan sekali Olimpiade Catur yang memperlihatkan bahwa kota ini serius sekali mengembangkan catur sebagai olahraga prestasi maupun olahraga massal.

Acara kemudian dilanjutkan ke undian buah catur dipimpin wasit ketua Ashot Vardapetian dengan unggulan pertama GM Sergey Karjakin (2788) dari Rusia memilih warna buah untuk dirinya atau papan satu yang nomor unggulannya ganjil. Ternyata buah catur yang dipilih Karjakin berwarna Hitam. Maka mereka yang menduduki nomor unggulan ganjil termasuk Susanto yang berada di urutan ke-109 harus berada di belakang buah Hitam untuk partai pertama babak pertama ini.

Teks foto:

Presiden FIDE Kirsan Ilyumzhinov dan Walikota Khanty-Mansiysk Vassily Filipenko membuka remis Piala Dunia Catur FIDE dengan lantar belakang bendera Merah Putih Indonesia (Photo by Kristianus Liem)

Tidak ada komentar: