Sabtu, 14 September 2013

World Junior Chess Championship 2013

Luthfi Taklukkan Unggulan Lima GM Samvel Ter-Sahakyan

Awal manis tim Indonesia. Babak pertama World Junior Chess Championship Jumat (13/9) pukul 15.00 waktu Turki (pukul 19.00 WIB) merupakan awal yang manis buat para pecatur junior Indonesia. Dari empat pecatur yang dikirim, tiga memetik kemenangan, dan satu remis. Yang paling menggembirakan adalah ketika Muhammad Luthfi Ali (rating 2277) menaklukkan unggulan kelima GM Samvel Ter-Sahakyan (2575) dari Armenia setelah bertanding hampir empat jam!
Muhammad Luthfi Ali (kaos hitam kanan) vs GM Samvel Ter-Sahakyan (kaos coklat muda kiri) pada babak pertama kejuaraan catur junior dunia. Luthfi buat kejutan dengan menundukkan lawannya yang unggulan kelima! (Foto oleh Kristianus Liem)

Ini merupakan sejarah buat Luthfi, karena inilah prestasi pertamanya mampu menaklukkan seorang Grandmaster asing. "Iya ini kemenangan pertama saya melawan Grandmaster luar negeri. Kalau yang GM dalam negeri sih sudah pernah sebelumnya," tutur Luthfi yang cuma unggulan ke-64 dalam kejuaraan dunia bergengsi ini.

Luthfi menang pada langkah ke-47 melalui pertahanan Najdorf yang tajam dan kompleks. Kemenangan ini juga berkat tepatnya antisipasi varian pembukaan yang disodorkan oleh pelatih GM Ruslan Scherbakov. "Itu varian yang unclear, tapi layak dimainkan," jelas Scherbakov.

Sayangnya pecatur Indonesia lainnya, IM Farid Firman Syah (2433) yang disedeed di urutan ke-28 tidak berhasil mengalahkan lawannya Buyukasik Diyap (2046). Pecatur tuan rumah Turki itu menahan remis Farid dalam 31 langkah pertahanan Hindia Raja. Walau pegang buah putih, Farid praktis tidak mendapat keunggulan berarti selepas pembukaan. Posisi terus berimbang karena bangunan yang dibentuk berpola simetris.

Sementara dua pecatur putri Indonesia WIM Medina Warda Aulia (2301), 16, dan WIM Chelsie Monica Sihite (2282), 18, berturut-turut menundukkan lawan-lawannya Ani Krumova (1993) dari Bulgaria dan WFM Riya Savant (1960) dari India.

Chelsie menang lebih dulu lawan Savant pada langkah ke-30 pertahanan Sisilia Naga. Medina menyusul dua puluh menit kemudian setelah memporak-porandakan pertahanan sayap-raja lawannya. Krumova menyerah pada langkah ke-33 pertahanan Prancis setelah melihat bakal kena mat dalam satu langkah.

Pembukaan

World Junior Chess Championship dibuka oleh Presiden Federasi Catur Turki Gulkiz Tulay dan Walikota Kota Metropolitan Kocaeli Ibrahim Karaosmanoglu lima belas menit sebelum pertandingan dimulai di hotel bintang lima The Ness, Kocaeli, Turki, yang juga menjadi arena pertandingan sekaligus penginapan seluruh peserta. Seluruh pertandingan disiarkan langsung melalui internet http://wjcc2013.tsf.org.tr/en/live-games.



Tidak ada komentar: