Selasa, 22 Januari 2013

Kejuaraan Catur Zonal 3.3 Asia 2013


Wesley So dan Batkhuyag Munguntuul Unggulan Utama

Walikota Tagaytay City Abraham Tolentino (keempat dari kiri) meresmikan Zone 3.3 Asia Chess Championship dengan menjalankan langkah pertama di meja GM Wesley So vs GM Dao Thien Hai didampingi wakil dari enam negara peserta.
Kejuaraan catur penyisihan Piala Dunia Catur untuk kawasan Zonal 3.3 Asia diresmikan di Tagaytay City, Filipina, Selasa (22/1), oleh Walikota Tagaytay Abraham Tolentino dengan melangkahkan bidak pada papan unggulan utama tuan rumah GM Wesley So vs GM Dao Thien Hai dari Vietnam.

Pada Zonal 3.3 Asia ini tersedia dua jatah tiket pecatur putra untuk Piala Dunia Catur 2013 bulan Agustus mendatang di Norwegia, dan satu tiket pecatur putri untuk Kejuaraan Dunia Catur Wanita 2014.

Zonal 3.3 Asia beranggotakan 16 negara tetapi di Tagaytay ini hanya lima negara yang memiliki potensi meloloskan pecaturnya saja yang ambil bagian, yaitu tuan rumah Filipina, Vietnam, Mongolia, Indonesia dan Malaysia saja yang datang.

Filipina merupakan kontingen terbesar dengan 2 pecatur putra dan 5 putri, disusul Vietnam dengan 6 putra dan 5 putri. Mongolia mengirimkan 4 putra dan 2 putri. Sedang Indonesia mengirim 3 putra dan 4 putri. Malaysia hanya mengirimkan satu pecatur putra.

Unggulan utama di bagian putra adalah GM Wesley So dari Filipina yang memiliki rating 2682 disusul GM Nguyen Ngoc Truong Son dari Vietnam yang memiliki rating 2631. Andalan Indonesia yang juga juara bertahan GM Susanto Megaranto hanya menduduki unggulan kelima dengan rating 2529.

Di bagian putri, MI Batkhuyag Munguntuul dari Mongolia menjadi unggulan pertama dengan rating 2453, disusul GMW Pham Le Thao Nguyen dari Vietnam dengan rating 2426. Andalan Indonesia MIW Medina Warda Aulia berada di unggulan kelima dengan rating 2309.

Pertandingan menggunakan sistem Swiss sembilan babak dan akan berlangsung hingga 29 Januari 2013. Pertandingan dimulai pukul 16.00 waktu setempat atau pukul 15.00 WIB.

Tidak ada komentar: