Rabu, 01 Agustus 2012

Setelah 20 Tahun


Pecatur Indonesia Muncul Kembali di Kejuaraan Dunia Junior

Lutfi Ali, Ruslan Scherbakov, Chelsie Monica, Medina Aulia,
 dan Farid Firman dengan latar belakang kota Athena.
 (Photo by Kristianus Liem)
PB Percasi mengirimkan dua pecatur putri dan dua pecatur putra pada ajang paling bergengsi untuk kejuaraan dunia junior di bawah usia 20 tahun, yaitu World Junior Chess Championship yang berlangsung di Athena, Yunani, 1-16 Agustus 2012. Mereka adalah MIW Chelsie Monica Sihie, MFW Medina Warda Aulia, serta Farid Firman Syah dan Muhammad Lutfi Ali di bagian putra. Sudah dua puluh tahun PB Percasi tidak pernah mengirimkan pecaturnya pada event ini karena hasil yang dicapai umumnya peringkat tengah ke bawah.

Ide untuk kembali mengirimkan pecatur ke World Junior Chess Championship U20 ini datang dari Wakil Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto. “Kita perlu tahu di mana posisi pecatur junior terbaik Indonesia di peta dunia,” kata Utut yang juga Wakil Ketua Komisi X DPR RI itu.

Event bergengsi ini sudah diselenggarakan sejak tahun 1951 dan empat juara turnamen ini pernah menjadi juara dunia sejati, yaitu Boris Spassky, Anatoly Karpov, Garry Kasparov (ketiganya dari Rusia) dan juara dunia saat ini Viswanathan Anand dari India.

Untuk kelompok putri, event ini baru dimulai pada tahun 1982. Juara turnamen ini yang kemudian menjadi juara dunia adalah GM Zhu Chen dari Cina (saat ini warga negara Qatar). Sementara yang menjadi pecatur top dunia antara lain GM Koneru Humpy (India), GM Zhao Xue (Cina) dll.

Tidak ada komentar: