Entri yang Diunggulkan

Kejuaraan Catur Asia U18 Mixed Doubles Team 2023

  Tim Indonesia Memimpin,  5 Kali Menang, 1 Seri   Tim catur Indonesia yang terdiri dari FM Aditya Bagus Arfan dan Laysa Latifah memim...

Minggu, 15 April 2012

Kejutan JAPFA WGM Tournament


Medina Taklukkan GMW Anna Burtasova

Tampil cemerlang pecatur muda Indonesia MIW Medina Warda Aulia, 14, menundukkan GMW Anna Burtasova dari Rusia pada babak pertama turnamen JAPFA Women Grandmaster yang berlangsung di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta, Minggu (15/4).

Walau mengendalikan buah Hitam, anggota Dream Girls Indonesia itu tampil agresif melayani permainan Anna Burtasova, 25 tahun. Menggunakan pertahanan Prancis yang sebetulnya cenderung pasif kalau rokade di sayap-raja. Medina memilih rokade di sayap-menteri pada langkah ke-10 setelah melihat Anna rokade sayap-raja di langkah ke-9.

Permainan berkembang liar karena serangan Anna dari sayap-raja justru membahayakan keamanan Rajanya yang berada di sayap yang sama. Sementara Medina leluasa membangun serangan dari sayap-menteri setelah Anna melakukan kekeliruan strategi saat melangkahkan 19. fxg5 yang memungkinkan terbukanya beberapa lajur. Dua langkah kemudian Anna melakukan kesalahanan taktis dengan menggerakkan Gajah ke petak b4 (21.Gb4) yang menyebabkan kalah dua bidak empat langkah kemudian.

Medina yang sudah mengantongi satu norma GMW itu menyelesaikan permainan dengan efisien dan sempurna. Setiap langkah yang dia mainkan selalu penuh tenaga dan ancaman. Anna menyerah pada langkah ke-45 setelah melihat bidak bebas Medina di lajur-a tak tercegah bakal promosi.

Ini sungguh awal yang bagus buat Medina mengingat turnamen yang merupakan salah satu nomor dari JAPFA Chess Festival ini memungkinkan pesertanya meraih norma GMW jika mampu mengumpulakn 7,5 angka dari 10 babak sistem kompetisi penuh ini.

Hasil babak 1 lainnya: GMW Evgeniya Doluhanova (Armenia)-MIW Chelsie Monica Sihite 0,5-0,5; GMW Anastasia Gutsko (Ukraina)-Yemi Jelsen 1-0.

Hasil babak 2: GMW Anastasia Gutsko (Ukraina)-GMW Anna Burtasova (Rusia) 1-0; MIW Medina Warda Aulia- GMW Evgeniya Doluhanova (Armenia) 0,5-0,5; Yemi Jelsen-MIW Chelsie Monica Sihite 1-0.

Klasemen Sementara: 1. GMW Anastasia Gutsko (Ukraina) 2 poin; 2. MIW Medina Warda Aulia 1,5; 3-4. Yemi Jelsen, GMW Evgeniya Doluhanova (Armenia) 1; 5. MIW Chelsie Monica Sihite 0,5; 6. GMW Anna Burtasova (Rusia) 0 poin.

Teks foto:

Kejutan di hari pertama, Medina Warda Aulia menundukkan GMW Anna Burtasova (Photo by Kristianus Liem)

Tidak ada komentar: