Senin, 16 April 2012

JAPFA Chess Festival 2012


Eksebisi catur kilat 2 menit antara
GMW Evgeniya Doluhanova vs MIW Medina Warda Aulia
disaksikan Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman,
Presiden Komisaris JAPFA Syamsir Siregar (tengah),
Menpora Andi Malarangeng dll.
(Photo by Kristianus Liem)

Resmi Dibuka Menpora dan Ketua Umum KONI Pusat

Bertempat di Gedung Serba Guna Senayan, JAPFA Chess Festival resmi dibuka pada hari Senin 16 April 2012. Pemukulan gong dilakukan oleh Menpora Andi Malarangeng, sementara langkah pertama dilakukan oleh Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana GM Utut Adianto melaporkan bahwa JAPFA Chess Festival yang mempertandingkan 11 kategori turnamen diikuti oleh lebih dari 500 peserta yang datang dari 23 propinsi! Ini memperlihatkan antusiasme terhadap catur begitu banyak dan merata di seluruh Indonesia!

Presiden Komisaris PT JAPFA Comfeed Indonesia Tbk Syamsir Siregar mengatakan partisipasi JAPFA terhadap pembinaan catur Indonesia selama dua belas tahun telah membuat nama JAPFA identik dengan catur. “Ketika menyebut nama JAPFA orang bukan ingat sonice, tapi ingatnya catur,” kata Syamsir saat menyampaikan sambutannya.

Menpora Andi Malarangeng mengatakan sangat senang sekali melihat begitu banyak anak-anak yang berpartisipasi mengikuti JAPFA Chess Festival yang ketujuh ini. “Anak-anak itulah yang kelak akan membawa nama baik Bangsa dan Negara Indonesia di dunia olahraga internasional,” ucap Menpora dengan suaranya yang lantang. Di JCF memang ada enam kategori turnamen yang melibatkan para pecatur junior, yaitu di bawah usia 20 tahun, 14 tahun dan 10 tahun, baik putra maupun putri.

Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman tidak memberikan sambutan, melainkan menjalankan langkah pertama di meja eksebisi catur kilat 2 menit antara GMW Evgeniya Doluhanova vs MIW Medina Warda Aulia.

Menyusul acara pembukaan, pertandingan babak pertama untuk semua nomor nasional dan babak ketiga untuk nomor internasional, tampak tidak ada kejutan yang berarti. Para unggulan masih melaju. Cuma di JAPFA WGM Tournament, unggulan pertama GMW Anastasia Gutsko dari Ukraina harus kalah lantaran alarm di hp-nya berbunyi. “Smartphone stupid,” keluh Gutsko kesal.

Hasil lengkap babak 3 JAPFA WGM Tournament: GMW Anna Burtasova (Rusia)- Yemi Jelsen 1-0; GMW Evgeniya Doluhanova (Armenia)-GMW Anastasia Gutsko (Ukraina) 1-0; MIW Chelsie Monica Sihite-MIW Medina Warda Aulia 0,5-0,5.

Klasemen Sementara: 1-3. GMW Anastasia Gutsko (Ukraina), MIW Medina Warda Aulia, GMW Evgeniya Doluhanova (Armenia) 2 poin; 4-6. Yemi Jelsen, MIW Chelsie Monica Sihite, GMW Anna Burtasova (Rusia) 1 poin.

Tidak ada komentar: