Kamis, 27 Oktober 2011

Tinggal Megar & Shieta Full Point

Susanto Megaranto dan Nyimas Shieta Sempurna!

Satu babak menjelang babak terakhir atau setelah menyelesaikan sembilan babak JAPFA Women Grandmaster International Tournament, Kamis (27/10), posisi di klasemen sementara tidak berubah karena seluruh partai hari itu berakhir remis. Namun jalan salah, partai remis itu terjadi setelah melalui pertempuran keras dan berdarah.

Dewi AA Citra misalnya, pada babak kedelapan ketika menghadapi GMW Jana Krivec dengan buah Putih, sudah mengurung sayap-raja lawan dan tinggal melakukan penyederhanaan dan menuju babak akhir unggul dua bidak. Tapi yang terjadi Citra terus berupaya menekan sehingga terlalu banyak kemungkinan yang bisa terjadi.

“Maksud saya mau membuat seluruh buahnya tidak bergerak. Saya tidak melihat langkah bagus Menteri ke f8 itu,” cerita Citra. “Seharusnya di partai itu saya kalah,” tutur Jana dengan tulus.

Komposisi klasemen sementara, Sopiko Guramishvili dari Georgia dan Jana Krivec dari Slovenia tetap diperingkat atas dengan 6 angka. Lalu Anna Burtasova dari Rusia dengan 5 angka.

Chelsie Monica Sihite dan Medina Warda Aulia di peringkat berikutnya dengan 4 poin. Lalu di posisi terbawah Dewi AA Citra dengan 2 angka.

Di kelompok turnamen nasional ada dua pecatur yang masih mampu membukukan angka sempurna 7 poin dari 7 babak. Mereka adalah GM Susanto Megaranto di kelompok Terbuka. Dan Nyimas Shieta di kelompok KU10 putri. Mereka tentu saja calon kuat juara.

Pimpinan klasemen Wanita Evi Lindiawati 5,5 poin. KU20 putra Gelar Segara 6,5 angka; di KU20 putri Khadijah Qurota’ain 6 angka; di KU14 putra Novendra Priasmoro 5,5 angka; di KU14 putri Afifa 5,5 poin; di KU10 putra Putu Aditya Wiradarma dan AN Akbar 6 angka; di KU10 putri Nyimas Shieta 7 poin; di Veteran Joni Jurmansyah, Sanusi Chasbi, Sudung Tampubolon 5,5 angka.

Teks foto:

Nyiemas Shieta, tujuh babak tujuh poin! (Photo by Kristianus Liem)

Tidak ada komentar: