Minggu, 28 Agustus 2011

Le Quang Liem Memang Luar Biasa!


Penonton siaran langsung pertandingan GM Susanto Megaranto vs GM Le Quang Liem pada babak pertama Piala Dunia Catur FIDE, yang disiarkan langsung situs resmi panitia www.chess.ugrasport.com maupun yang dianalisis dan dikomentari secara khusus di www.chessdom.com pada Minggu (28/8) mulai pukul 15:00 (14:00 WIB) waktu setempat, merasakan benar seru dan tegang jalannya pertandingan.

Susanto sudah bermain seperti singa yang tak mengenal takut terhadap siapa pun. Tapi Le Quang Liem sekarang sudah menjelma menjadi Super GM yang kuat, yang tampaknya bakal terus mengharumkan nama kawasan ASEAN di dunia catur internasional.

“Liem play unbelievable. He has become really good - a super GM,” komentar MF Peter Long dari Malaysia.

Rasanya itu benar belaka. Susanto melakukan kesalahan perencanaan 12...Gd7, maksudnya mengembangkan Gajah, tapi tak ada masa depan di jalur tersebut. Le mampu mendeteksi kekeliruan samar tersebut dan langsung mengambil-alih inisiatif.

Pada langkah ke-24 giliran Le yang memboroskan tempo dengan 24.Bb3, tapi Susanto tak mampu mendeteksi itu sehingga peluang mengambil-alih inisiatif berlalu sia-sia. “Langkah 24...Gd6 memang tidak mudah ditemukan oleh manusia,” bela sang pelatih GM Ruslan Scherbakov yang juga menonton live sambil menjalankan engine komputer.

Pertarungan terus berlangsung dengan kedua pecatur bergantian melancarkan berbagai ancaman, tetapi pecatur yang levelnya lebih tinggi biasanya paling sedikit membuat kesalahan. Itulah yang terjadi. Pada langkah ke-41 Susanto melakukan kesalahan lagi, 41...f6 memberi peluang Le menciptakan bidak bebas dalam permainan akhir Kuda vs Gajah dan sama empat bidak.

“Liem akan menang jika semua langkah-langkah selanjutnya akurat,” komentar GM Sebastien Maze dari Prancis yang menjadi komentator di chessdom.com. Itulah yang terjadi, Le bermain akurat sesuai rating Elonya yang 2715! Susanto menyerah pada langkah ke-58 pembukaan Catalan. Itu adalah partai terlama keempat. Masih tiga papan yang belum selesai ketika Susanto meninggalkan Gedung Chess Academy, tempat di mana pertandingan FIDE World Chess Cup dilangsungkan.

Partai kedua babak pertama dilangsungkan Senin (29/8) mulai pukul 15:00 (14:00 WIB) waktu setempat, Khanty-Mansiysk, Sibera, Rusia. Giliran Susanto memegang buah Putih dan harus menang untuk memaksa tie-break catur cepat. Jika remis maka ia harus angkat koper! Penggemar catur di Indonesia dapat menonton siaran langsung partai tersebut melalui internet dengan alamat www.chess.ugrasport.com atau www.chessdom.com.

Teks foto:

Panggung acara pembukaan yang imajinatif mencoba merefleksikan cafe catur De la Regence yang pada uatu massa pernah menjadi "jiwa" kehidupan pecatur masa abad lalu (photo by Kristianus Liem).

Tidak ada komentar: