Jumat, 17 Juni 2011

Medina Rebut Medali Emas Blitz ASEAN Age Group


Medina Warda Aulia, atlet Pelatnas Catur SEA Games 2011 yang baru berusia 14 tahun, merebut medali emas pada nomor catur kilat (blitz) ASEAN+ Age Group Chess Championship untuk kelompok umur (KU) 20 tahun yang tengah berlangsung di Tarakan, Kaltim, hingga 19 Juni 2011.

Medina merebut 7 poin dari sembilan babak hasil enam kali menang, dua kali remis dan sekali kalah. Dua pecatur Vietnam, MIW Hoang Thi Nhu Y dan MIW Nguyen Thi Mai Hung juga meraih 7 poin, tapi Medina unggul dalam nilai tie-break Buchol, yaitu 45,5 poin banding 44 dan 43,5 poin.

ASEAN+ Age Group Chess Championship yang berlangsung di Tarakan dari 13 Juni hingga 19 Juni 2011, diikuti 296 atlet catur junior di bawah usia 20 tahun yang datang dari 10 negara. Selain dari negara-negara ASEAN seperti Filipina, Malaysia, Singapura, Vietnam dan tuan rumah Indonesia, juga ada yang datang dari Mongolia, Korsel, Taiwan, Kazakhstan dan India.

Selain Medina juga ada tiga pecatur Indonesia lainnya yang mampu merebut medali emas. Mereka adalah Dita Karenza di KU12 putri; Constantius Leonardo Pratama di KU10 putra dan Baskara Fiodas di KU16 putra.

Selain nomor catur kilat, juga dipertandingkan nomor catur standar (Klasik) yang baru memainkan lima babak, dan catur cepat (Rapid) yang baru akan dimainkan pada dua hari terakhir.

Teks foto:

Medina Warda Aulia dan medali emas catur kilat ASEAN+ Age Group Chess Championship bersama saya Kristianus Liem. (Foto oleh Stefani Dian Cheri)

Tidak ada komentar: