Sabtu, 18 Juni 2011

Chelsie Rebut Emas Klasik dan Langsung MIW


Hasil menggembirakan dibuat atlet-atlet catur Pelatnas SEA Games 2011 pada ASEAN+ Age Group Chess Championship yang tengah berlangsung di Tarakan, Kaltim, 13-19 Juni 2011, dengan merebut seluruh dua medali emas untuk kelompok umur 20 tahun putri.

Kalau sebelumnya Medina Warda Aulia, 14 tahun, yang merebut medali emas pada nomor catur kilat (blitz), kali ini giliran Chelsie Monica Sihite, 15 tahun, yang merebut medali emas untuk nomor catur klasik (standar) pada kelompok umur yang sama yaitu 20 tahun.

Chelsie mengumpulkan 6,5 angka hasil lima kali menang, tiga kali remis dan sekali kalah. Jumlah angka yang sama juga dicetak oleh MIW Vo Thi Kim Phung (VIE) dan Abdumalik Zhansaya (KAZ), sehingga ketiganya berhak atas medali emas yang sama.

Lompatan Besar

Namun yang paling menggembirakan adalah Chelsie juga berhak langsung mendapatkan gelar MIW (Master Internasional Wanita) tanpa harus melalui tiga kali norma MIW. Ini bisa terjadi karena untuk tingkat continental dianggap lebih berbobot (dibandingkan turnamen invitasi atau open) dan memiliki peraturan sendiri.

“Saya jamin gelarnya itu sudah pasti didapat. Nanti saya yang menandatangani sertifikatnya dan diserahkan besok saat acara penutupan,” ujar Ketua Wasit Maung Maung Lwin dari Myanmar.

ASEAN+ Age Group Chess Championship yang berlangsung di Tarakan dari 13 Juni hingga 19 Juni 2011, diikuti 296 atlet catur junior di bawah usia 20 tahun yang datang dari 10 negara. Selain dari negara-negara ASEAN seperti Filipina, Malaysia, Singapura, Vietnam dan tuan rumah Indonesia, juga ada yang datang dari Mongolia, Korsel, Taiwan, Kazakhstan dan India.

Selain Chelsie juga ada empat pecatur Indonesia lainnya yang mampu merebut medali emas. Mereka adalah Ananda Putri di KU8 putri; Ivan Maxmillian Putra di KU10 putra; Arif Abdul Hafiz di KU12 putra; dan Baskara Fiodas di KU16 putra.

Selain nomor catur kilat dan nomor catur standar, juga ada catur cepat (Rapid) yang baru dimainkan pada dua hari Sabtu malam ini.

Teks foto:

Chelsie Monica Sihite (Foto oleh Kristianus Liem)

Tidak ada komentar: