Rabu, 22 September 2010

Pembukaan yang Gempita


Acara pembukaan Olimpiade Catur ke-39 di Ice Palace, Khanty-Mansiysk, Rusia, pada 20 September 2010 berlangsung meriah, modern dengan sinar laser warna-warni, ada sambutan Presiden Rusia Dmitry Medvedev melalui teleconference, ada berbagai tarian tradisional maupun kontemporer, ada simulasi pertandingan catur manusia, pendeknya acara pembukaan ini mempesona.

Sayangnya, saya yang kali ini datang dengan tugas sebagai kapten tim putri, kehilangan banyak kesempatan untuk mengabadikan acara tersebut karena waktu yang tersita untuk berbagai urusan administrasi maupun urusan protokoler. Jadi untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap melalui slide foto situs panitia, pembaca dapat mengklik link berikut ini: http://ugra-chess.com/sites/default/files/photo_gallery/Opening-Ceremony/index.html

Sementara laporan humas PB Percasi Urry Kartopati berikut ini dapat menjadi gambaran yang lebih jelas:

Khanty Mansiysk, Rusia, 20 September 2010-- Dalam cuaca yang cukup bersahabat, 12 derajat Celcius, gegap gempita mewarnai acara pembukaan olimpiade catur ke-39 yang berlangsung di Khanty Mansiysk, Rusia.

Tepat pukul 21.30 waktu setempat, sebuah layar berbentuk tabung membawa penonton mengenal sejarah Khanty Mansiysk, lewat tayangannya yang indah. Tergambarlah sebuah kota kecil dengan potensi besar sebagai negeri penghasil minyak bumi. Ratusan penari secara bergantian menampilkan seni budaya mereka, dari yang tradisional hingga modern.

Sebagai penutup, sebuah permainan catur yang dimainkan oleh manusia-manusia dalam balutan busana layaknya bidak catur sungguhan tampil sangat menarik. Dan, permainan catur unik ini pun hadir di hadapan para pemain dari berbagai belahan dunia, tak kurang dari 158 kontingen dari berbagai negara. Tak henti-hentinya tepuk tangan pun mewarnai tampilan mereka.

Sungguhpun diracik secara sederhana, namun acara pembukaan yang berlangsung di Ice Palace Arena Ugra ini mampu membuat para penontonnya terbius dalam kekaguman.

Kompetisi yang mempertemukan para pecatur top sejagad ini secara resmi dibuka oleh presiden FIDE Kirsan Ilyumzhinov. Selain itu, Presiden Rusia Dmitry Medvedev pun tampil member sambutan special melalui video conference call.

Olimpiade kali ini dibarengi pula dengan Kongres FIDE ke-8, sekaligus untuk memilih ketua umum organisasi catur dunia untuk periode 2010-2014. Kirsan Ilyumzhinov yang kini menjabat sebagai ketua, turun kembali memperebutkan kursi tersebut dengan salah satu program prestisiusnya yaitu mendirikan World Chess Centre di lokasi Ground Zero, New York.

Pada kejuaraan yang menggunakan sistem Swiss 11 babak ini akan berlangsung dari 20 September hingga 3 Oktober 2010.

Tercatat 158 negara ikut serta dalam kegiatan ini, dengan jumlah pemain 1.300 pecatur, konon menjadi yang terbesar dalam sejarah dilihat dari jumlah pesertanya. Indonesia mengirimkan sepuluh atlet catur terbaiknya (5 putra dan 5 putri).

Tim catur putra Indonesia diwakili GM Susanto Megaranto, FM Anjas Novita, IM Taufik Halay, IM Tirta Chandra Purnama, dan IM Irwanto Sadikin. Sementara tim catur putri, WGM Irene Kharisma Sukandar , WFM Dewi AA Citra, WCM Medina Warda Aulia, WCM Chelsie Monica Sihite, dan Baiq Vina Lestari.

Kontingen Indonesia kali ini dipimpin oleh Dr Dwi Hatmisari Ambarukmi, sebagai Ketua Delegasi, Kristianus Liem sebagai kapten regu putri dan Dirwan Sinuraya sebagai kapten regu putra.

Tidak ada komentar: