Rabu, 21 April 2010

Turnamen Bayangan Asian Games Guangzhou


Kejuaraan Catur Perorangan Asia 2010
Turnamen Bayangan Asian Games Guangzhou

Kejuaraan Catur Perorangan Asia ke-9 (9th Asian Individual Chess Championship) di Subic, Olongapo City, Filipina, 20-30 April 2010, tak ubahnya turnamen bayangan Asian Games Guangzhou, Cina, 2010! Tak semuanya ada memang, tapi kehadiran para jagoan catur Cina, India, Iran, Vietnam, Mongolia, Singapura, Bangladesh, Qatar dan tuan rumah Filipina membuat kejuaraan Asia ini menjadi yang terkuat sepanjang sejarah!

Penyebab banyaknya kehadiran para pecatur terbaik Asia ini karena turnamen Zonal Asia yang terbagi enam Zone seluruhnya belum dimulai sehingga para pecatur yang merasa memiliki peluang untuk meraih lima jatah tiket -- di bagian putri hanya tersedia satu tiket saja -- untuk Piala Dunia 2011 memanfaatkan betul turnamen pertama kualifikasi Piala Dunia ini.

Tercatat 90 pecatur putra dan 24 pecatur putri dari 15 negara Asia. Di bagian putra ada 32 Grandmaster (GM) di bagian putri ada 2 Master Internasional (MI putra) dan 7 Grandmaster Wanita (GMW)!

Cina tercatat sebagai negara kedua yang paling banyak mengirimkan atletnya, yaitu 25 pecatur (19 putra 6 putri) di samping tuan rumah Filipina yang menurunkan 35 pecatur (31 putra 4 putri). Indonesia hanya mengirimkan dua pecatur putra dan dua pecatur putri, yaitu GM Susanto Megaranto dan MI Nasib Ginting, serta GMW Irene Kharisma Sukandar dan MFW Dewi AA Citra.

Acara pembukaan dan pertandingan dilakukan Rabu (21/4) di Gedung Subic Bay Exhibition and Convention Center, Olongapo City, mulai pukul 15.00 waktu setempat.

Hasil babak pertama pecatur Indonesia sbb.:

Zeng Chongsheng (Cina)-GM Susanto Megaranto 0-1
MI Nasib Ginting-GM Yu Yangyi (Cina) 0-1
Christy Bernales (Filipina)-GMW Irene Kharisma Sukandar 0-1
MFW Ding Yixin (Cina)-MFW Dewi AA Citra 1-0

Teks foto: Acara pembukaan yang ditandai partai blitz antara unggulan pertama GM Le Quang Liem (kanan) dari Vietnam vs Ketua PSC (Philippine Sports Commission) Filipina Harry Angping (Foto oleh Kristianus Liem)

Tidak ada komentar: