Kamis, 08 April 2010

Susanto Ditahan Remis, Hou Yifan Memimpin


Kuala Lumpur Open 2010
Susanto Ditahan Remis Situru


GM Susanto Megaranto (2527), 23, tidak mampu menolak tawaran remis rekan senegaranya MI Nathanael “Ivan” Situru (2358) pada babak ketiga turnamen catur internasional Kuala Lumpur Open ke-3 di Olympic Sports Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (8/4).

Pasalnya, posisi yang terbentuk di atas papan tinggal bidak dan Gajah belang alias berada pada petak yang berlainan warna. Saat itu Susanto unggul satu bidak, tetapi seperti ada dalam buku teori, pihak yang unggul tetap tidak dapat memenangkan pertandingan.

“Ivan sudah menawarkan remis beberapa langkah sebelumnya, tapi karena bakal unggul satu bidak saya mainkan terus, sayang dia bisa memaksakan pertukaran besar-besaran jadi walau unggul tapi tidak bisa menang,” cerita Susanto yang tengah dipersiapkan untuk terjun pada Asian Games Guangzhou 2010.

Hasil tersebut membuat Susanto kehilangan setengah poin dari tiga babak. Pada babak kedua Susanto yang juga bertemu rekan satu tim GMW Irene Kharisma Sukandar (2316) berhasil merebut satu angka penuh. Susanto kini membukukan 2,5 angka, sama dengan angka yang dikumpulkan oleh Situru.

Sementara klasemen sementara ditempati tujuh pecatur dengan 3 angka bersih. Salah satunya adalah pecatur wanita GM Hou Yifan (2570) dari Cina yang juga runner-up juara dunia catur putri FIDE saat ini!

Irene yang di babak ketiga menundukkan pecatur Malaysia Azman Hisham Mohd Nabil baru mengumpulkan 2 angka. Enam pecatur Indonesia lainnya yang sama sudah membukukan dua angka adalah MI Dede Liu, MI Irwanto Sadikin, MI Tirto, MI Tirta Chandra Purnama, MF Khairul Anam, dan Pitra Andika.

Kuala Lumpur Open ke-3 yang diikuti 111 peserta yang datang dari 22 negara ini memang jauh lebih kuat dibandingkan dua edisi sebelumnya. Selain ada pecatur putri ajaib Cina yang masih berusia 16 tahun GM Hou Yifan (2570), unggulan pertama di Kuala Lumpur Open ini adalah GM Mikheil Mchedlishvili dari Georgia yang memiliki rating 2634. Mikheil Mchedlishvili adalah calon lawan dwitarung GM Susanto Megaranto pada JAPFA Chess Festival di Gedung Kerucut KONI Pusat Senayan, Jakarta, 14-19 April 2010.

Turnamen catur terbuka yang memperebutkan Piala Raja Nasrin Shah Sultan Azlan Shah ini menggunakan sistem Swiss sembilan babak dan akan berlangsung hingga 12 April 2010. Selain turnamen, panitia juga akan menyelenggarakan simultan yang akan dilakukan oleh mantan penantang juara dunia GM Nigel Short dari Inggris pada tanggal 10 April 2010.

Informasi lainnya dapat diakses di www.klchess.com; www.potretcatur.blogspot.com; dan www.program5milyar.com/?id=k_liem

Teks foto:
GM Hou Yifan, runner-up juara dunia catur putri. (foto oleh Kristianus Liem).

Tidak ada komentar: