Entri yang Diunggulkan

Kejuaraan Catur Asia U18 Mixed Doubles Team 2023

  Tim Indonesia Memimpin,  5 Kali Menang, 1 Seri   Tim catur Indonesia yang terdiri dari FM Aditya Bagus Arfan dan Laysa Latifah memim...

Rabu, 07 April 2010

Susanto dan Irene Melangkah Mulus


Kuala Lumpur Open 2010
Susanto dan Irene Melangkah Mulus

Dua pecatur utama Indonesia yang tengah dipersiapkan untuk Asian Games Guangzhou 2010, GM Susanto Megaranto (2527) dan GMW Irene Kharisma Sukandar (2316), melangkah mulus pada babak pertama turnamen catur internasional Kuala Lumpur Open ke-3 di Olympic Sports Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (7/4).

Namun kemenangan Susanto tidaklah berjalan mudah. Untuk menaklukkan lawannya pecatur India Navalgund Niranjan (2168), Susanto harus bertarung lima jam penuh dan baru menamatkan perlawanan Niranjan pada langkah ke-80 pertahanan Benoni. Saat menyerah Niranjan tinggal memiliki Kuda dan Benteng sementara Susanto memiliki kelebihan satu bidak dengan Gajah dan Bentengnya.

Irene yang bertemu pecatur asal Fiji, Sikivou Taione (1792) menang lebih cepat, yaitu pada langkah ke-39 pertahanan Caro-Kann. Bagi Irene ini merupakan salah satu “hadiah” ulang tahun ke-18-nya yang tepat berlangsung pada hari pertama Kuala Lumpur Open! Direktur Turnamen yang juga Ketua Panitia Penyelenggara Peter Long menyempatkan diri membelikan kue tart ulangtahun. Selamat ulangtahun Irene!

Kuala Lumpur Open ke-3 ini diikuti 111 peserta yang datang dari 22 negara! Ini suatu rekor yang luar biasa dibandingkan dua edisi sebelumnya. Apalagi kali ini juga hadir pecatur putri ajaib Cina yang masih berusia 16 tahun GM Hou Yifan (2570). Yifan yang bergelar Grandmaster putra ini adalah runner-up juara dunia catur putri FIDE saat ini!

Selain Susanto dan Irene, PB Percasi juga mengirimkan empat pecatur mudanya sebagai pelapis. Mereka adalah CM Farid Firman Syah, MFW Dewi AA Citra, MFW Medina Warda Aulia dan CMW Chelsie Monica Sihite. Namun secara keseluruhan tercatat total 17 pecatur Indonesia yang ambil bagian. Ada yang dari Medan dan ada yang datang dari Surabaya pula!

Namun India memegang rekor peserta terbanyak dengan mengirimkan 23 pecaturnya! Tuan rumah Malaysia sendiri hanya menurunkan 20 pecaturnya. Negara lain yang cukup banyak mengirimkan pemainnya adalah Singapura, 9 orang; Vietnam dan Uzbekistan masing-masing 6 orang, dan Filipina 5 orang.

Turnamen catur terbuka yang memperebutkan Piala Raja Nasrin Shah ini menggunakan sistem Swiss sembilan babak dan akan berlangsung hingga 12 April 2010. Selain turnamen, panitia juga akan menyelenggarakan simultan yang akan dilakukan oleh mantan penantang juara dunia GM Nigel Short dari Inggris pada tanggal 9 April 2010.

Untuk informasi lainnya dapat diakses di www.klchess.com; dan www.program5milyar.com/?id=k_liem

Teks foto:
Susanto Megaranto menganalisis partai pertamanya di KL Open bersama sang lawan Navalgund Niranjan, pelatih Ruslan Scherbakov, dan dua rekan satu timnya, Farid Firman Syah dan Irwanto Sadikin (foto oleh Kristianus Liem).

Tidak ada komentar: