Kamis, 05 November 2009

Indonesia Rebut 2 dari 3 Emas


Hari kedua pertandingan cabang catur ASEAN Primary School Sport Olympiad (APSSO) ke-3, di Hotel Sahid Jaya, Kamis 5 November 2009, memastikan Indonesia meraih dua medali emas dari tiga medali yang diperebutkan. Satu emas lainnya lepas ke tangan Vietnam karena pecatur andalan Indonesia di nomor ini Azarya Jodi melakukan berbagai kesalahan dalam posisi menang sehingga berbalik menjadi kalah.

Dua emas Indonesia tersebut diperoleh dari nomor catur cepat peorangan putri atas nama Anastasia Patriks yang sebetulnya hanya membutuhkan remis pada babak terakhir tapi ternyata mampu menggulung saingan utamanya Dao Thi Lan Anh dari Vietnam. Anastasia juara secara sempurna dengan lima angka bersih dari lima babak!

Emas kedua Indonesia diraih dari nomor beregu putra atas nama tim INA3 yang terdiri dari Sean Winshand (ranking 2), Azarya Jodi (ranking 4) dan Novendra Prio (ranking 8) sehingga total rankingnya menjadi 14. Unggul jauh dari tim Vietnam yang merebut perak dengan total ranking pemainnya 25 (Lee Huu Thai ranking 1, Nguyen Van Toan Thanh ranking 5, dan Pham Anh Trung ranking 19). Nomor beregu putra ini memang ditentukan berdasarkan total ranking tiga pecatur yang main di nomor perorangan.

Sementara satu emas yang direbut Vietnam berasal dari nomor catur cepat perorangan putra atas nama Lee Huu Thai yang pada babak terakhir mengalahkan Gideon Siagian dari tim INA2. Sean Winshand yang juga menang atas Nguyen Van Toan Thanh sehingga sama membukukan 5 angka harus puas kebagian perak karena kalah dalam nilai Solkoff. Solkoff Lee 22,5 sedang Sean 20,5. Kalau Jodi menang pada babak terakhir tersebut maka emas akan jatuh ke tangannya karena Solkoffnya akan menjadi 25!

Pada hari kedua ini juga mulai dipertandingkan nomor catur standar (waktu pikir 90 plus 30 detik per langkahnya) sebanyak dua babak.

Teks foto: Anastasia Patriks menyumbangkan medali emas pada nomor catur cepat perorangan putri hari Kamis (5/11/2009) (Foto oleh Kristianus Liem)

Tidak ada komentar: