Selasa, 21 Juli 2009

Susanto dan Irene ke Kejuaraan Dunia Catur Zona 3.3 Asia

Dua pecatur muda terbaik Indonesia saat ini, GM Susanto Megaranto, 22, dan GMW Irene Kharisma Sukandar, 17, akan mengikuti babak kualifikasi Kejuaraan Dunia Catur Zona 3.3 Asia di Ho Chi Minh City, Vietnam, 22-30 Juli 2009.

Untuk dapat lolos ke Piala Dunia Catur di Khanty Mansyisk, Rusia, November 2009, minimal Susanto harus menduduki posisi runner-up karena di bagian putra ini hanya tersedia jatah dua tiket. Di bagian putri persaingan bakal lebih ketat lagi karena hanya tersedia satu tiket saja alias cuma buat sang juaranya saja yang akan lolos menuju Kejuaraan Dunia Catur Wanita 2010!

Selain mereka berdua, PB Percasi bekerja sama dengan Sekolah Catur Utut Adianto, Percasi Kota Tarakan, dan Percasi Kota Balikpapan, juga mengirimkan tiga pecatur muda Indonesia yang tergabung dalam Dream Team Putri Indonesia, yaitu MFW Dewi AA Citra, 15; MFW Medina Warda Aulia, 12, dan WCM Chelsie Monica Sihite, 14 tahun.

Kalau Susanto dan Irene diharapkan mampu lolos ke kejuaraan dunia, untuk ketiga pecatur putri muda usia itu ditargetkan mampu meningkatkan rating dan gelarnya. Citra dan Medina diharapkan mampu meraih norma MIW (Master Internasional Wanita) sedang Chelsie diharapkan mampu meraih gelar MFW.

Kejuaraan Dunia Catur Zona 3.3 Asia di Ho Chi Minh City yang menggunakan system Swiss Sembilan babak ini merupakan babak kualifikasi bagi negara-negara di kawasan ASEAN dan Asia Timur. Jadi persaingan bukan cuma datang dari negara ASEAN seperti Vietnam dan Filipina yang sudah terkenal sebagai negara catur yang kuat tapi juaga datang dari negara seperti Mongolia.

Bahkan unggulan pertama di bagian putri ini adalah GMW Batkhuyag Monguntuul dari Mongolia yang memili rating Elo 2412. Unggulan kedua GMW Nguyen Thi Than Ann dari Vietnam dengan rating 2330. GMW Irene tercatat sebagai unggulan keempat dengan rating 2311.

Unggulan pertama di bagian putra adalah GM Wesley So dari Filipina dengan rating 2646. GM Susanto berada di unggulan keenam dengan rating 2534.

Lima pecatur Indonesia tersebut didampingi oleh Kristianus Liem sebagai official dan akan berangkat pada Rabu pagi 22 Juli 2009 menggunakan Lion Air.

1 komentar:

Kombes.Com mengatakan...

Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger meberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

Salam hormat
http://kombes.Com