Sabtu, 25 Juli 2009

Irene Rebut Dua Angka, Medina Tahan GMW Tram


GMW Irene Kharisma Sukandar (rating 2311) menambah dua angka penuh pada babak ketiga dan keempat Kejuaraan Dunia Catur Zona 3.3 Asia di Ho Chi Minh City, Vietnam, Sabtu (25/7). Irene menang dari MFW Vo Thi Kim Phung (VIE 2073) dan rekan senegaranya Chelsie Monica Sihite.

Dengan tambahan dua angka Irene kini sudah membukukan 3 angka dari empat babak. Ranking sementaranya berada di peringkat tiga hingga lima. Pimpinan klasemen sementara di kelompok putri adalah MFW Pham Bich Ngoc dengan 4 angka bersih. Pham adalah pecatur yang mengalahkan Irene pada babak kedua.

GM Susanto Megaranto (2534) hanya mampu menambah setengah angka saja dari babak tiga dan empat karena kalah dari Bao Khoa (VIE 2161) dan hanya mampu bermain remis lawan Vo Thanh Ninh (VIE 2340). Bao Khoa adalah pecatur yang pada dua babak pertama membuat kejutan menumbangkan dua Grandmaster, yaitu GM Nguyen Anh Dung (VIE 2474) dan GM Bui Vinh (VIE 2517).

Tambahan setengah angka tersebut membuat Susanto baru mengumpulkan 2,5 angka, posisinya pada klasemen sementara di luar sepuluh besar. Pimpinan klasemen sementara diduduki GM Laylo Darwin (2494) dari Filipina dengan 4 angka penuh. Pada babak keempat Laylo menumbangkan “si pembunuh GM” Bao Khoa.

Pecatur junior Indonesia berusia 12 tahun MFW Medina Warda Aulia menahan remis dua lawannya yang relatif lebih kuat darinya, yaitu GMW Hoang Thi Bao Tram (VIE 2274) dan MFW Hoang Thi Nhu Y (VIE 2119). GMW Tram adalah pecatur Vietnam yang sempat beberapa kali menjadi juara Asia. Medina sudah membukukan 2 angka hasil sekali menang, sekali kalah dan dua kali remis, sehingga peluangnya untuk meraih norma MIW cukup terbuka.

Hasil pecatur Indonesia lainnya, Dewi AA Citra menambah satu setengah angka hasil menang dari MFW Nguyen Thi Diem Huong (VIE 2007) dan remis lawan Daisy Rivera (PHI 2087). Citra baru mengumpulkan 1,5 angka karena kalah pada dua babak pertama. Citra sempat terserang radang tenggorokan dalam perjalanan Jakarta-Ho Chi Minh.

Sementara Chelsie Monica menambah setengah angka hasil remis lawan pecatur cantik Mongolia Enkhtuul Altanulzii (MGL 2051) dan kalah dari Irene. Chelsie sudah mengumpulkan 2 angka karena pada babak pertama mendapat bye.

Kejuaraan Dunia Catur Zona 3.3 Asia di Ho Chi Minh City yang menggunakan system Swiss sembilan babak ini diikuti 85 pecatur dari delapan negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Jepang, Mongolia dan tuan rumah Vietnam.


Laporan langsung Humas PB Percasi Kristianus Liem dari Ho Chi Minh.
Kami tinggal di First Hotel. No hp saya di Vietnam +841222563384.
Info tambahan bisa dilihat di http://www.potretcatur.blogspot.com/ dan http://www.vietnamchess.com/

Teks foto:

GMW Irene Kharisma Sukandar perbaiki peringkat setelah membukukan dua kemenangan, salah satunya dari rekan senegara Chelsie Monica Sihite pada babak keempat (Foto oleh Kristianus Liem)

Tidak ada komentar: