Entri yang Diunggulkan

Kejuaraan Catur Asia U18 Mixed Doubles Team 2023

  Tim Indonesia Memimpin,  5 Kali Menang, 1 Seri   Tim catur Indonesia yang terdiri dari FM Aditya Bagus Arfan dan Laysa Latifah memim...

Rabu, 24 Juni 2009

Tirta Pertahankan Gelar, Kadek Iin Juara Putri




MI Tirta Chandra Purnama mempertahankan gelar juara mahasiswa 2009 setelah mengukir angka sempurna 9 poin dari sembilan babak Kejuaraan Nasional Catur Mahasiswa ke-2 di Auditorium Gedung Depdiknas, Senayan Jakarta. Pada dua babak terakhir Rabu (24/6) Tirta berturut-turut mengalahkan Bharata Surya Dharma (UMRAH) dan Suharto Joyo (UGM). Tirta memboyong Piala Tetap Mendiknas dan hadiah uang 7,5 juta rupiah.

Keluar sebagai runner-up di nomor perorangan putra ini MN Ricky Rismanto (STAI Yapata Bogor) 7,5 poin dan meraup hadiah 4 juta; urutan tiga hingga enam sama-sama merebut 7 poin adalah MN Iwan Prihastomo (Widya Mataram Yogya) yang mendapat hadiah uang 3 juta; MN Aris Hariyanto (Wiralodra Indramayu) dan Roy Charles Marpaung keduanya sama memperoleh hadiah uang 2 juta; lalu Ekanata Dharma (Udayana Bali) mendapat hadiah 1 juta rupiah.

Di nomor perorangan putri MNW Kadek Iin Dwijayanti (Udayana Bali) keluar sebagai juara dengan 8,5 poin dan merebut hadiah 7,5 juta rupiah. MNW Norasya Verdiana (Universitas Pancasila) merebut posisi runner-up dengan 8 poin dan meraih 4 juta rupiah. Juara tiga diambil MNW Evi Lindiawati (STIE Indonesia Rawamangun) dengan 6,5 poin dan mendapat 3 juta. Peringkat empat dan lima diduduki bersama oleh Indah Claudia Mumek (Universitas Kristen Petra Surabaya) dan Amiria Shofi (IPB Bogor), keduanya merebut 6 poin dan hadiah 2 juta.

Pada nomor beregu putra, di luar dugaan STMIK Cilegon A merebut gelar juara setelah pada dua babak terakhir menaklukkan saingan-saingan utama mereka STIE Indonesia dan Mikroskill Medan dengan skor berturut-turut 2,5-0,5 dan 2-1. STMIK Cilegon berhasil membukukan 15 MP 22 VP, menyamakan skor kemenangan regu (MP) STIE Indonesia dan unggul satu setengah poin dalam nilai kemenangan per papan (VP).

STMIK Cilegon membawa pulang hadiah 15 juta rupiah sementara STIE Indonesia dapat 7,5 juta. STMIK Mikroskill Medan yang sebelumnya memimpin klasemen dan kalah pada dua babak terakhir jatuh ke peringkat tiga dengan 14 MP 21,5 VP dan mendapat hadiah 5 juta rupiah.

Pada nomor beregu putri, tim Universitas Sudirman Purwokerto yang diperkuat dua bersaudara MNW Sulung Wahyuningsih dan MNW Dwi Kurnia juara dengan angka penuh 18 MP 25,5 VP dan meraih hadiah 15 juta. Peringkat kedua Universitas Negeri Yogyakarta dengan 13 MP 18,5 VP dan mendapat 7,5 juta. Peringkat ketiga IAIN Banten dengan 12 MP 19 VP dan mendapat 5 juta rupiah.

Hasil lengkap Kejurnas Mahasiswa dapat dilihat di http://www.chess-results.com/tnr22951.aspx?lan=1 .

Teks foto:
1. Kadek Iin Dwijayanti juara mahasiswi 2009 (foto oleh Kristianus Liem)
2. Tirta Chandra Purnama juara mahasiswa 2009 (foto oleh Kristianus Liem)

Tidak ada komentar: