Rabu, 10 Juni 2009

Medina Terus Cetak Kemenangan




Pecatur putri Indonesia WCM Medina Warda Aulia, 12, terus mencetak kemenangan demi kemenangan pada Kejuaraan Catur Kelompok Umur ASEAN ke-10 yang berlangsung di Hotel Huong Giang, Hue City, Vietnam. Pada babak keenam Rabu (10/6) Medina menaklukkan unggulan kedua yang juga saingan utamanya, Nur Nabila Azman Hisham dari Malaysia.

Itu merupakan kemenangan keenam berturut-turut setelah pada babak kelima Selasa (9/6)malam Medina juga menang atas Mira Mirano (PHI). Kini dengan 6 VP Medina memimpin sendirian kelompok umur (KU) 12 tahun putri meninggalkan saingan terdekatnya sampai dua angka! Di bawahnya ada empat pemain dengan 4 VP, yaitu Mira Mirano (PHI), WCM Dao Thi Lan Anh (VIE), Nur Nabila Azman Hisham (MAS) dan Nguyen Thi Viet Ha (VIE). Nama yang terakhir ini lawan Medina pada babak ketujuh.

Apa yang diperlihatkan Medina selama enam babak ini memang luar biasa, menyapu bersih semua lawannya, padahal tingkat kemampuan mereka beda tipis saja. Medina unggul dari segi kestabilan dan pemahaman pada tahap pembukaan, permainan tengah maupun permainan akhir. Upaya Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA) mencetak lagi pecatur berkelas dunia mulai memperlihatkan tanda-tanda yang menggembirakan melalui penampilan Medina pada ajang ASEAN Age Group yang sudah terkenal ketat dan selama ini selalu didominasi oleh para pecatur Vietnam itu.

Pecatur Indonesia lainnya yang masih berpeluang meraih medali adalah Dita Karenza di KU10 putri. Dita menang dari pecatur Singapura Neha Shankar pada babak kelima, sayang pada babak keenam Dita kalah dari pecatur Malaysia Nur Najiha Hisham yang merupakan adik kandung dari Nur Nabila yang dikalahkan Medina. Namun dengan 4 VP, Dita hanya tertinggal satu angka dari pimpinan klasemen sementara Nur Najiha Hisham (MAS) dan Nguyen Thanh Thuy Tien (VIE) yang sama-sama sudah membukukan 5 VP.

Hasil Lengkap Babak 6:

Pertandingan babak keenam hari Rabu (10/6) pukul 08.30 WIB. Berikut ini hasil lengkap kelima pecatur Indonesia.

KU20 open: Amru Muhd Tariq (2045, MAS)-MF Rian Kapriaga (2094) 0-1
KU14 putri: Pham Hong Phuc (VIE)-Nadia Anggraeni 0-1
WCM Chelsie Monica Sihite-WCM Nguyen Ngoc Thuy Trang (VIE) 0-1
KU12 putri: WCM Medina Warda Aulia (1882)-Nur Nabila Azman Hisham (1837, MAS) 1-0
KU10 putri: Dita Karenza-Nur Najiha Hisham (MAS) 0-1

Pairing Babak 7:

Pertandingan babak ketujuh hari Rabu (10/6) pukul 15.30 WIB. Berikut ini pairing lengkap kelima pecatur Indonesia.

KU20 open: CM Tran Than Tu (2267, VIE)-MF Rian Kapriaga (2094)
KU14 putri: WCM Nguyen Ngoc Thuy Trang (VIE)-Nadia Anggraeni
WFM Nguyen Tran Ngoc Thuy (VIE)-WCM Chelsie Monica Sihite
KU12 putri: WCM Medina Warda Aulia (1882)-Nguyen Thi Viet Ha (VIE)
KU10 putri: Dita Karenza-San Diego Marie Antoinette (PHI)

Teks foto:
1) Pecatur asal Bekasi WCM Medina Warda Aulia (kiri) pada babak keenam menyingkirkan saingan utamanya unggulan kedua Nur Nabila Azman Hisham. (Foto oleh Kristianus Liem)
2) Medina Warda Aulia (Foto oleh Kristianus Liem)

2 komentar:

Heri Darmanto mengatakan...

Maju terus Medina, tetap teliti dan konsentrasi setiap partainya... Jaga stamina juga... Semoga kamu bisa menjadi Juara Dunia lagi tahun ini...

Hamdani mengatakan...

Saya senang mendengar prestasi anak bangsa Indonesia di kancah Internasional. Ini semua tidak terlepas dari proses pembinaan yg dilakukan. Jaya terus Indonesia.....
Salam dari kalbar.