Kamis, 11 Juni 2009

Medina Juara Secara Spektakuler


Dua babak sebelum turnamen berakhir, pecatur putri Indonesia WCM Medina Warda Aulia, 12, sudah memastikan diri menjuarai kategori KU12 putri Kejuaraan Catur Kelompok Umur ASEAN ke-10 yang berlangsung di Hotel Huong Giang, Hue City, Vietnam. Itu terjadi setelah Medina mencetak kemenangan ketujuh dari tujuh babak!

Pada babak kedelapan Kamis (11/6) Medina tidak lagi memaksakan diri ketika lawannya Huynh Ngoc Thuy Linh (VIE) menawarkan remis pada langkah ke-15, Medina langsung menerimanya. “Saya mau memastikan diri menjadi juara sendirian dulu,” tutur Medina ketika ditanyakan kenapa mau cepat menerima remis padahal walau memegang buah hitam posisinya sudah lebih bagus.

Memang setelah mengumpulkan 7,5 angka, maka unggulan kedua yang juga saingan utamanya, Nur Nabila Azman Hisham dari Malaysia yang tertinggal dua angka sudah tidak mungkin lagi mengejar kalaupun misalnya Medina sial dan kalah di dua babak tersisa. Nur Nabila yang dua kali menang pun kini tetap baru mengumpulkan 6 poin. Di bawahnya pecatur Filipina Mira Mirano menguntit dengan 5 poin.

Pecatur Indonesia lainnya yang masih berpeluang meraih medali adalah Dita Karenza di KU10 putri yang berhasil menambah satu setengah angka lagi hasil menang dari San Diego Marie Antoinette (PHI) pada babak ketujuh dan bermain remis lawan Nguyen Thanh Thuy Tien (VIE) pada babak kedelapan. Sebetulnya Dita sudah unggul satu bidak tetapi karena krisis waktu dia menawarkan remis yang tentu saja langsung disambar oleh lawannya.

Dengan hasil tersebut Dita sudah mengumpulkan 5,5 angka. Yang memimpin kategori ini adalah Nur Najiha Hisham (MAS) 6,5 angka, lalu Nguyen Thanh Thuy Thien (VIE) 6 angka. Ada dua pemain lainnya yang sama seperti Dita sudah mengumpulkan 5,5 angka, yaitu Huynh Thu Truc (VIE) dan Revita Samantha Glo (PHI).

Hasil Lengkap Babak 8:

Pertandingan babak kedelapan hari Kamis (11/6) pukul 08.30 WIB. Berikut ini hasil lengkap kelima pecatur Indonesia.

KU20 open: MF Rian Kapriaga (2094)-Hoang Van Ngoc (VIE) 0,5-0,5
KU14 putri: Nadia Anggraeni –Nguyen Thi Thuy Trien (VIE) 1-0
WCM Chelsie Monica Sihite-Tran Le Dan Thuy (VIE) 1-0
KU12 putri: Huynh Ngoc Thuy Linh (VIE)-WCM Medina Warda Aulia (1882) 0,5-0,5
KU10 putri: Nguyen Thanh Thuy Tien (VIE)-Dita Karenza 0,5-0,5

Pairing Babak 9:

Pertandingan babak kesembilan hari Kamis (11/6) pukul 15.30 WIB. Berikut ini pairing lengkap kelima pecatur Indonesia.

KU20 open: Le Quang Long (2252, VIE)-MF Rian Kapriaga (2094)
KU14 putri: Nadia Anggraeni –Vuong Thi Quynh Huong (1800, VIE)
Do Hoang Minh Tho (1868, VIE)-WCM Chelsie Monica Sihite
KU12 putri: WCM Medina Warda Aulia (1882)-Bui Ngoc Anh Thi (VIE)
KU10 putri: Huynh Thu Truc (VIE)-Dita Karenza


Teks foto:

Pecatur asal Bekasi WCM Medina Warda Aulia (kanan) pada babak kedelapan menerima tawaran remis lawannya Huynh Ngoc Thuy Linh (VIE). (Foto oleh Kristianus Liem)

Tidak ada komentar: