Selasa, 09 Juni 2009

Medina Cetak Angka Sempurna dan Memimpin


WCM Medina Warda Aulia, 12, mencetak angka sempurna empat poin dari empat babak Kejuaraan Catur Kelompok Umur ASEAN ke-10 yang berlangsung di Hotel Huong Giang, Hue City, Vietnam. Pada babak keempat Selasa (9/6), Medina menundukkan salah satu saingan utamanya WCM Dao Thi Lan Anh dari Vietnam.

Itu merupakan kemenangan keempat berturut-turut setelah Senin (8/6) malam Medina juga menang atas Camilia Bt Johari dari Malaysia. Kini dengan 4 VP Medina memimpin sendirian kelompok umur (KU) 12 tahun putri. Menempel ketat di posisi berikutnya adalah Mira Mirano (Filipina) dengan 3,5 poin dan kemudian Nur Nabila Azman Hisham (Malaysia) dengan 3 poin. Pada babak kelima Medina jumpa Mira Mirano.

Pecatur Indonesia lainnya yang sebelumnya juga mencetak angka sempurna mulai kedodoran. Dita Karenza hanya mampu menambah satu angka hasil menang dari Pham Hong Ngoc (Vietnam) pada babak ketiga tapi kalah dari pecatur Vietnam lainnya, Pham Thanh Phuong Thao pada babak keempat. Dita kini merosot ke ranking dua di KU10 putri.

Yang lebih parah dialami Chelsie Monica Sihite di KU14 putri karena kalah dua kali berturut-turut juga dari pecatur tuan rumah, yaitu Nguyen Thi Thuy Trien dan Vu Thien Tram Anh, sehingga Chelsie tetap baru mengumpulkan 2 VP.

Satu-satunya pecatur putra Indonesia yang ambil bagian, MF Rian Kapriaga (KU20), juga mengalami dua kekalahan beruntun. Pada babak ketiga kalah dari Sheider Nebato (Filipina) dan babak keempat kalah lagi dari pecatur tuan rumah CM Nguyen Van Thanh (2191). Rian tetap bertahan dengan 1,5 VP.

Sementara satu pecatur putri Indonesia lainnya, Nadia Anggraeni Mukmin di KU14 putri grafiknya naik turun kalah dan menang. Babak ketiga Nadia kalah dari Vu Thien Tram Anh (1649, VIE), lalu menang di babak keempat dari Tran Le Dan Thuy (VIE). Nadia kini sudah mengumpulkan 2 VP.

Hasil Lengkap Babak 4:

Pertandingan babak keempat hari Selasa (9/6) pukul 08.30 WIB. Berikut ini hasil lengkap kelima pecatur Indonesia.

KU20 open: CM Nguyen Van Thanh (2191)-MF Rian Kapriaga (2094) 1-0
KU14 putri: Tran Le Dan Thuy (VIE)-Nadia Anggraeni 0-1
Vu Thien Tram Anh (1649, VIE)-WCM Chelsie Monica Sihite 1-0
KU12 putri: WCM Medina Warda Aulia (1882)-WCM Dao Thi Lan Anh (VIE) 1-0
KU10 putri: Dita Karenza-Pham Thanh Phuong Thao (VIE) 0-1

Pairing Babak 5:

Pertandingan babak kelima hari Selasa (9/6) pukul 15.30 WIB. Berikut ini pairing lengkap kelima pecatur Indonesia.

KU20 open: MF Rian Kapriaga (2094)-Duong Thuong Cong (1986)
KU14 putri: Nadia Anggraeni-Nguyen Thi Anh Minh (VIE)
WCM Chelsie Monica Sihite-Tran Thi Mong Thu (VIE)
KU12 putri: Mira Mirano (PHI)-WCM Medina Warda Aulia (1882)
KU10 putri: Neha Shankar (SIN)-Dita Karenza

Teks foto:
Pecatur asal Bekasi WCM Medina Warda Aulia (kiri) pada babak keempat menyingkirkan saingan utamanya, WCM Dao Thi Lan Anh dari Vietnam. (Foto oleh Kristianus Liem)

Tidak ada komentar: