Kamis, 13 November 2008

Putra Jumpa Uzbek, Putri Lawan Makau


Babak pertama Olimpiade Catur ke-38 di Dresden, Jerman, Kamis 13/11 pukul 15.00 waktu setempat atau pukul 21.00 WIB, mempertemukan tim putra Indonesia dengan tim tangguh Uzbekistan yang diperkuat juara dunia 2004 GM Rustam Kasimdzhanov, rating 2672. Rustam yang baru bulan lalu sukses menjadi sekondan Viswanathan Anand yang menjadi juara dunia catur sejati setelah menaklukkan Vladimir Kramink, turun di papan pertama bertemu dengan pecatur muda andalan Indonesia GM Susanto Megaranto.

Indonesia yang menurunkan tim intinya, MI Irwanto Sadikin 2441 di papan dua berhadapan lawan MI Dzhurabek Khamrakulov 2533, lalu dua papan berikutnya Yohanes Simbolon vs GM Alexei Barsov 2513 dan MI Tirta Chandra Purnama vs GM Safin Shukhrat 2510. Farid Firmansyah dibangkucadangkan.

Di bagian putri, Indonesia jumpa tim Makau. Sama seperti di bagian putra, Indonesia juga menurunkan tim intinya yang terdiri dari MIW Irene Kharisma Sukandar 2303, Evi Lindiawati 2121, Dewi AA Citra 1802, dan Desi Rachmawati. Keempatnya berturut-turut berhadapan lawan Nicole Rio da Silva, Enerlan Salvador A. Jane, Mak Kit Shu dan Lee Wing 2014.

Berbeda dengan tim putra Indonesia yang berada di unggulan 69 sehingga sudah harus berhadapan dengan lawan tangguh unggulan 33, di bagian putri lawan Indoneasia relatif akan mampu dikalahkan. Putri Indonesia diunggulkan pada peringkat 67 sementara Makau pada peringkat 97.

Olimpiade Catur Dresden dibuka sehari sebelumnya, Rabu 12/11 pukul 20 waktu setempat di stadion hoki es Freiberger Arena dengan menampilkan sejumlah penyanyi, penari, pemandu sorak, pemain es skating dan grup band. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, tercatat 152 negara ikut ambil bagian. Ini rekor baru jumlah olimpiade catur. Dua tahun lalu di Turin, Italia, jumlah peserta empat negara lebih sedikit. Jumlah tim putra yang turun bertanding 154 karena tuan rumah Jerman turun dengan tiga tim. Di bagian putri ada 114 tim termasuk tiga tim tuan rumah.

Presiden FIDE Kirsan Iljumzhinov yang direncanakan hadir tidak muncul karena mobil yang ditumpanginya termasuk dalam salah satu kecelakaan beruntun saat menuju ke hotel dari Bandara. `Menurut saya acaranya sih tidak terlalu menarik,` ujar Irene Kharisma yang menonton langsung acara pembukaan tersebut.

Tidak ada komentar: