Rabu, 20 Agustus 2008

Susanto Taklukkan Juara Bertahan danMimpin Sendirian, Irene Pertahankan Peluang


Tampil cemerlang Grandmaster Susanto Megaranto kini mimpin sendirian turnamen catur bergengsi Malaysia Open yang tengah berlangsung di Mid Valley Cititel Hotel, Kuala Lumpur, Rabu (20/8). Susanto berhasil menambah satu setengah angka dan kini berada di puncak klasemen sementara dengan 5,5 poin.


Pada babak kelima Susanto bermain remis lawan GM Saidali Iuldachev (2520) dari Uzbekistan dan pada babak keenam malam harinya menaklukkan juara bertahan GM Li Chao (2590) dari Cina melalui pertarungan yang alot dan menegangkan.


Saat berita ini dibuat ada empat pemain menempel ketat dengan 5 poin, yaitu GM Saidali Iuldachev, GM Marat Dhumaev (2549 Uzbekistan), GM Li Shilong (2511 Cina) dan GM Laylo Darwin (2504 Filipina).


Sementara pecatur putri Indonesia MIW Irene Kharisma Sukandar hanya berhasil menambah setengah angka saja hasil remis lawan MF Mok Tze Meng (2308) dari Malaysia. Pagi harinya Irene dikalahkan GMW Li Ruofan (2425) dari Singapura karena membuat blunder fatal dalam posisi unggul tetapi krisis waktu.


Namun demikian, dengan 3,5 angka dari enam babak yang berarti di atas 50%, Irene tetap memelihara peluang untuk meraih norma GMW keduanya. Persyaratan gelar maupun negara pemain lawan yang sudah dihadapi bahkan sudah melebihi persyaratan, yaitu dua MI putra, satu GMW dan satu MF dari lima negara. Masalahnya tinggal pada berapa jumlah poin nanti yang terkumpul.


Pecatur Indonesia lainnya, MI Irwanto Sadikin juga hanya berhasil menambah setengah angka saja hasil remis lawan rekan senegara MF Awam Wahono pada babak keenam. Pada babak kelima Irwanto dikalahkan juara bertahan GM Li Chao (2590) dari Cina. Jumlah angka yang sudah diraih Irwanto menjadi 4 poin.


Tercatat ada empat belas pecatur Indonesia yang ambil bagian pada turnamen catur terberat di Malaysia itu, dua di antaranya main di Kelompok Challenger yang dilaksanakan pada waktu dan tempat yang sama. Kelompok ini diikuti pemain dengan rating rendah atau sama sekali belum punya rating.


Total peserta Malaysia Open 112 pemain di mana terdapat sembilan pemain bergelar GM, 10 MI, 3 GMW, 5 MIW, 10 MF, 1 MFW dari 16 negara. Di Kelompok Challenger tercatat 53 peserta. Malaysia Open berlangsung dari 18 Agustus hingga 24 Agustus 2008.


Teks foto: GM Susanto Megaranto (kiri) vs GM Li Chao dari Cina ditonton pecatur cilik tuan rumah pada babak keenam Malaysia Open. Li Chao adalah sang juara bertahan. (Foto oleh Kristianus Liem)

Tidak ada komentar: