Sabtu, 23 Agustus 2008

Irene Kharisma Raih Norma Grandmaster


Pecatur putri Indonesia MIW Irene Kharisma Sukandar akhirnya meraih norma Grandmaster Wanita (GMW) yang keduanya setelah pada babak kesembilan dan dan sepuluh turnamen catur bergengsi Malaysia Open yang berlangsung di Mid Valley Cititel Hotel, Kuala Lumpur, Sabtu (23/8) berhasil menambah dua angka penuh.

Irene berturut-turut menang atas pecatur Cina Shen Siyuan (2316) dan kemudian menundukkan rekan senegara MF Awam Wahono (2387) sehingga membukukan 6,5 angka dari sepuluh babak atau 65% angka kemenangan sehingga memenuhi persyaratan meraih norma GMW yang keduanya. Sebelumnya, di Jakarta Irene sudah meraih norma GMW pertamanya sebanyak sepuluh babak pula.

Dalam sepuluh babak pertama Malaysia Open, Irene berhasil mencetak enam kemenangan, sekali remis dan tiga kali kalah. Dua kemenangan Irene sebelumnya antara lain dicetak atas pecatur kuat Filipina MI Richard Bitoon (2439) dan pecatur kuat Cina Wang Li (2392).

Hasil Irene tersebut ternyata menjadi kado buat Ketua Harian PB Percasi Eka Putra Wirya yang sengaja datang ke Kuala Lumpur pada Sabtu siang untuk memberikan dorongan moral kepada pecatur putri terbaik Indonesia tersebut. “Teknik permainan Irene sudah terus meningkat, jadi menjadi Grandmaster Wanita pertama di Indonesia soal masalah waktu saja,” kata Eka yang menyeponsori keberangkatan Irene ke Malaysia Open ini.

Grandmaster Susanto Megaranto yang berhasil menambah satu setengah angka kini balik ke peringkat dua menjelang babak terakhir. Susanto bermain remis lawan GM Drazen Sermek (2509) dari Kroasia dan menang atas Yap Kim Steven (2321) dari Filipina, sehingga angkanya kini menjadi 7,5 poin. Pimpinan klasemen sementara kini diambil alih oleh GM Li Chao (2590) dari Cina dengan 8,5 angka. Li Chao pada babak keenam sebelumnya sempat dikalahkan Susanto.

Tercatat ada empat belas pecatur Indonesia yang ambil bagian pada turnamen catur terberat di Malaysia itu, dua di antaranya main di Kelompok Challenger yang dilaksanakan pada waktu dan tempat yang sama. Kelompok ini diikuti pemain dengan rating rendah atau sama sekali belum punya rating.

Total peserta Malaysia Open 112 pemain di mana terdapat sembilan pemain bergelar GM, 10 MI, 3 GMW, 5 MIW, 10 MF, 1 MFW dari 16 negara. Di Kelompok Challenger tercatat 53 peserta. Malaysia Open berlangsung dari 18 Agustus hingga 24 Agustus 2008.

Teks foto: MIW Irene Kharisma Sukandar di samping banner Malaysia Open (Foto oleh Kristianus Liem)

Tidak ada komentar: